Senin, 22 April 2013

Resep Harian Ikan Pindang Juwana




Ikan Pindang Murah Meriah
     Beberapa resep masakan ini sudah ada yang aku tulis beberapa waktu lalu , khususnya untuk ikan pindang. Namun karena pengolahan  ikan pindang sangat bervariasi dan banyak ragamnya aku coba untuk menggabungkan kembali ke dalam judul di atas, agar mudah untuk mencari. Ikan pindang adalah jenis ikan yang melalui pengohan terlebih dulu sebelum di jual. Pengolahan dilakukan untuk menambah ketahanan ikan agar tidak cepat busuk. Kita tahu  hasil tangkapan jenis  ikan yang diperlukan untuk membuat ikan pindang sangat banyak jumlahnya. Kalau hanya di jual sebagai ikan segar maka nelayan tentu akan merugi. Maka dilakukan usaha pemindangan. Jenis jenis ikan yang digunakan yaitu ikan kembung, ikan tongkol, ikan salem dll. Di Jawa Tengah sendiri, Juwana  merupakan salah satu pusat pemindangan ikan. Tempatnya menyebar di  daerah sekitar TPI, juga di desa Dukutalit.
    Sekarang aku bahas resep untuk menu harian, yang tentunya cocok untuk lauk sehari hari.

Ikan Pindang bumbu Sambal

Bahan : ikan pindang, air untuk merebus, petai.
Bumbu : cabai merah, bawang merah, terasi, garam, sedikit gula

Cara membuat : Cuci ikan pindang lalu ditata dalam panci. Semua bumbu dihaluskan kemudian di masukkan ke dalam tatanan ikan. Beri irisan petai. Tuangi air setinggi ikan yang ditata, lalu rebus hingga air menyusut dan bumbu meresap. Setelah matang, angkat dan hidangkan.




Ikan Pindang Lombok Ijo Pedas
Masakan ikan ini berasa sangat pedas karena menggunakan cabai hijau dan cabai rawit dalam jumlah yang banyak.

Bahan : ikan pindang, air untuk merebus, daun jeruk, irisan tomat hijau
Bumbu : cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, terasi, garam, gula

Cara membuat : ikan pindang yang telah dicuci ditata dalam panci. Tambahkan semua bumbu yang telah diuleg kasar.Tambahkan daun jeruk, tomat hijau iris dan air. Rebus hingga matang dan air tinggal sedikit.



Di bawah ini adalah masakan ikan pindang yang telah kubuat sebelumnya di judul Masakan Lokal (Pepes dll) Masakan Tradisional Juwana
 Pepes Pindang
Pindang bumbu santan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar