Minggu, 14 April 2013

Masakan khusus Udang Ala Juwana (2)



Udang asam manis


Olahan Udang Windu
     Masakan berbahan udang sangat banyak ragamnya. Selain rasanya yang lezat, sepertinya bahan  udang juga pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan bumbu. Mau dicampur dengan bahan lain atau di masak tanpa campuran rasanya tetap saja eco (enak) kata orang Juwana. Mau berkuah ataupun kering , udang tetap enak di nikmati.

     Karena anak anakku suka udang, maka setiap ke pasar aku selalu membelinya. Aku juga selalu menyisakan udang segar di kulkas. Buat jaga jaga jika aku bangun kesiangan sementara aku belum membuat lauk untuk sarapan. Ini karena anak anak selalu sarapan sebelum sekolah. Setiap jam setengah enam pagi pasti di meja makan sudah terhidang beberapa menu. Nah kalau pas kesiangan, aku tinggal merebus udang saja. Selain cepet matang anak anak juga suka.

     Mereka juga sering minta dibuatkan bothok udang atau pepes udang. Kali ini aku buatkan masakan dari udang windu yang besar besar. Kalau dapat  Udang gede seperti ini, biasanya mereka sering minta dibuatkan udang saus tiram. Mereka tahulah kalau udang bisa dimasak dengan bumbu macam macam hehehe….

     Ini adalah olahan udang yang diminta anak anak. Rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Juwana :D. Sebenarnya kalau boleh memilih terus terang aku tak begitu suka dengan makanan yang di campur aneka saus  atau sambal sambal botol.  Tapi karena anggota keluarga suka maka aku mencoba menyesuaikan.


Udang Saus Tiram
Bahan : Udang Windu, jeruk sambal, minyak untuk menggoreng
Bumbu : Bawang putih digeprek, jahe, bawang bombai, kecap manis, saus tiram, sedikit terasi, garam.

Cara membuat : Buang sungut udang dan ujung kepalanya yang lancip. Belah punggung dan buang kotorannya. Cuci hingga bersih lalu lumuri dengan garam. Panaskan minyak goreng. Goreng udang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ambil sisa minyak untuk menumis bawang putih dan jahe. Setelah harum Tambahkan saus tiram, terasi dan kecap manis. Setelah mendidih masukkan Udang. Aduk aduk hingga semua permukaan udang menyatu dengan bumbu. Setelah itu tambahkan bawang bombai. Aduk. Hingga bawang bombai masak setengah mata saja. Sebelum di angkat tambahkan jeruk sambal agar baunya harum.






Udang Asam Manis
Bahan  : Udang Windu,minyak untuk menngoreng
Bumbu : Bawang putih digeprek, jahe, bawang bombai, saus sambal pedas manis, kecap manis, saus tiram, sedikit terasi, gula, garam.

Cara membuat : Buang sungut udang dan ujung kepalanya yang lancip. Belah punggung dan buang kotorannya. Cuci hingga bersih lalu lumuri dengan garam. Panaskan minyak goreng. Goreng udang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ambil sisa minyak untuk menumis bawang putih dan jahe. Setelah harum Tambahkan saus tiram, saus sambal, kecap manis ,terasi, gula Setelah mendidih masukkan Udang. Aduk aduk hingga semua permukaan udang menyatu dengan bumbu. Setelah itu tambahkan bawang bombai. Aduk. Hingga bawang bombai masak setengah mata saja. Jika suka tambahkan irisan daun bawang atau onclang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar