Senin, 29 April 2013

Ikan Panggang Masak Mangut ala Juwana




Ikan Panggang Mangut

     Lama sudah ndak masak mangut. Kebetulan hari yang masih sesekali mendung dan hujan ini, kepinginnya makan makanan yang berasa pedas. Langsung aku pergi ke pasar. Niatnya mau beli kepala ikan panggang, sekalian membeli beberapa bumbu dapur yang mulai habis. Bawang putih tinggal beberapa, juga bawang merah yang cuma ada 10 siung. Alhamdullillah harga kedua bumbu dapur di atas sudah mulai stabil, jadi senenglah, sisa uang bisa dibelikan keperluan lain. Kalau bumbu di dapur sudah lengkap rasanya lega, sebab mau masak sore atau malem (kalau kebetulan anak-anak minta dibuatkan mie rebus atau nasi goreng) semua bisa dilakukan. Makanya aku kalau belanja bawang merah atau bawang putih biasanya langsung 1 kilogram-an. Duh , kok jadi membahas bawang merah dan bawang putih ya.....:D
Oke....kembali lagi ke acara memasak. Sekarang aku sudah siap  dengan semua bahan dan bumbu. Aku pingin masakanku hari ini berasa pedas tapi tidak terlalu, kasian anak-anak nanti kalau kepedesen. Sekarang  aku sudah mulai mengulek .....

Ikan Panggang Mangut

Bahan : ikan panggang (kepala, irisan), air santan, irisan tomat.cabai rawit utuh, bawang merah goreng.
Bumbu : Ketumbar, jintan,bawang merah, bawang putih, merica, kencur, jahe, kemiri, lengkuas, kunyit, asam, pala, garam, gula.

Cara membuat : Bersihkan ikan panggang. Rebus santan cair terlebih dulu. Setelah mendidih masukkan ikan panggang. Masukkan semua bumbu yang sudah di haluskan. Tunggu hingga 10 menit. Setelah aroma tercium harum masukkan santan kental, cabai rawit dan tomat. Aduk aduk agar santan tidak memisah,  hingga masakan matang. Setelah di angkat taburi dengan bawang goreng. 


Dalam memasak mangut, bumbu yang dihaluskan bisa juga di tumis dengan minyak goreng terlebih dulu, sebelum di masukkan dalam kuah santan. Semua tergantung selera. Yang pasti, kalau pas masak mangut bagian kepala, mesti memakai panci yang besar atau wajan yang lebar. Sebab satu ikan panggang bagian kepala, ukurannya sudah besar banget.


1 komentar: