Jumat, 12 April 2013

Masakan khusus Udang Ala Juwana (1)




Udang goreng bawang

Aneka Resep Udang Ala Juwana.
     Selain penghasil ikan Bandeng , tambak Juwana juga menghasilkan udang. Udang juga digemari seperti halnya Bandeng. Selain khusus dibuat olahan, udang juga banyak digunakan untuk campuran beberapa masakan lain.  Jenis udang yang digunakan untuk campuran adalah jenis udang kecil. Fungsinya agar rasa masakan bertambah lezat meskipun tanpa msg.
     Beberapa jenis udang yang banyak dijumpai yaitu Udang Windu, Udang Putihan, Udang penjalinan (udang tambak yang kulitnya kelabu), udang segara (udang laut yang kulitnya keras).
     Beberapa waktu lalu sudah kutulis beberapa resep berbahan udang  yang telah kumasak sendiri. Kalau tidak salah ada Udang rebus,  Udang Tahu Kuah Santan (Kothok Udang Tahu). Bothok Udang, Udang Tempe lombok Ijo, Pepes Udang, dan Nasi Goreng. Sekarang akan aku tambah lagi resep resep udang ala Juwana yang bisa dijadikan menu harian di rumah. Mengapa aku tulis ala Juwana? Tak lain dan tak bukan karena adanya bahan  terasi  yang tak boleh di tinggal di beberapa resep di bawah ini. Olahan udang ini sesuai dengan lidah Jawa. Ada rasa sedikit manis tapi pedas dan asinnya juga pas.  Bumbunya  juga Indonesia sekali.

Udang Goreng  Bawang
Udang goreng dimasak tanpa bumbu terasi, tapi syarat utama untuk menu udang goreng , harus disajikan dengan menggunakan sambal terasi. Kalau tidak, ya ndak nikmat hehehe…
Bahan : Udang Windu, minyak goreng
Bumbu : bawang putih, garam
Cara membuat : Potong bagian sungut udang dan kepalanya yang lancip. Belah punggungnya dan buang kotorannya. Haluskan bawang dan garam. Lumuri Udang Windu dengan bumbu. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap. Panaskan minyak goreng lalu goreng udang hingga matang.


Udang Gongso
Bahan : Udang ukuran sedang (jenis udang putihan), minyak goreng
Bumbu : cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, garam, sedikit gula, daun jeruk
Cara membuat : Cuci udang, baru kemudian dikupas hingga bersih. Tiriskan. Semua bumbu diulek. Panaskan minyak goreng. Setelah panas masukkan udang. Goreng hingga matang. Angkat. Sisa minyak ambil untuk menggongso bumbu. Setelah harum masukkan kembali udang. Gongso hingga matang dan sajikan.


Sate Udang
Bahan : Udang ukuran sedang, minyak goreng, santan kental (1sendok makan santak kental kara), tomat iris, jeruk sambal,  tusuk sate
Bumbu : Cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, garam, 
Cara Membuat : Udang di cuci lalu dikupas. Setelah itu digoreng hingga setengah matang. Gongso semua bumbu yang di ulek. Masukkan santan.  Setelah harum masukkan udang setengah matang. Aduk sebentar hingga bumbu merata dan beri jeruk.  Angkat , lalu diamkan hingga dingin. Susun udang menjadi sate, lalu di panggang hingga matang.  Bumbu kembali dipanaskan lalu tuangkan dalam penyajian. Taburi tomat iris


Sambal Udang Lombok Ijo 
Bahan : Udang, minyak goreng, petai, jeruk sambal
Bumbu : Cabai hijau, bawang merah, bawang putih, terasi, gula, garam
Cara membuat : Udang dicuci lalu dikupas. Ulek bumbu kasar. Panaskan minyak lalu tumis bumbu bersama udang, Setelah berubah warna, masukkan petai dan aduk aduk hingga bumbu meresap dan matang. Tambahkan jeruk sambal lalu hidangkan.


1 komentar: