Selasa, 16 April 2013

Masakan Kepiting Juwana



Kepiting Kare

                                                              Ayo Masak Kepiting.....

     Kepiting Tambak atau kepiting Bakau sangat banyak ditemukan di Juwana. Kepitingnya berwarna abu abu ( seperti campuran warna hitam dan hijau ). Dulu waktu ayahku masih bergelut di usaha tambak, hampir seminggu sekali ayah membawa pulang kepiting. Sampai bosan rasanya. Apalagi kalau pas musim, ayah bisa membawa pulang setengah seser (jaring berbentuk seperti keranjang basket). Dulu tak ada pikiran untuk menjual, karena harganya murah.
     Tidak seperti sekarang di mana kepiting mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, sehingga kadang susah mendapatkan kepiting dengan harga murah. Para penjual lebih  memilih menjual dagangannya pada pemilik pemilik restoran atau melyani permintaan ke luar kota.  Jadi mereka tak melayani pembeli eceran. Katanya kepiting kepiting yang di tata dalam ember ember besar itu  sudah pesanan. 
Tapi sekarang kebiasaan menganak tirikan pembeli eceran (keluarga) kelihatannya sudah mulai di tinggalkan, asalkan pembeli mengikuti harga seperti pesanan. 
     Tapi tak perlu khawatir, kepiting kepiting pesanan itu biasanya kepiting betina yang bertelur yang harganya per kilo bisa mencapai lima puluh ribu sampai 100 ribu tergantung besar kecil dan banyak sedikitnya telur. Jika kepingin yang murah, tetep ada kok, tapi khusus yang kepiting jantan. Pilih saja yang ukurannya sedang, biasanya gemuk.
     Sebenarnya di pasar aku sudah punya penjual langganan, dan penjual ini baikkkk banget padaku. Makanya kalau aku ingin beli kepiting atau udang windu, aku langsung ke sana. Aku pasti mendapatkan kepiting atau udang windu meski katanya lagi kosong. Biasanya dia akan mengurangi barang milik pemesannya dan diberikan padaku.  Kan butuhku juga sedikit.
     Selain udang, kepitingpun jadi makanan kesukaan keluarga, terutama suami.  Di bawah ini aku beri resep resep kepiting. Bumbunya sama kok dengan bumbu  udang. Jadi satu bumbu untuk dua jenis bahan. Hanya saja cara membersihkan kepiting sedikit rumit di banding udang.
Caranya  (yang biasa aku lalukan sebelum memasak kepiting) yaitu mendidihkan air terlebih dulu. Setelah mendidih masukkan kepiting yang kita beli yang masih diikat tersebut. Setelah mati, kita ambil menggunakan saringan. Biasanya kaki kaki kepiting akan lepas dengan sendiri. Barulah kepiting di cuci hingga bersih. Jangan lupa buang bagian kotoran yang letaknya di bawah, di balik tanda garis garis. Untuk bagian capit , setelah dicuci bersih aku akan memecahkannya dengan uleg uleg agar saat menyantap mudah untuk memgelupas kulitnya. Nah, setelah bersih semua baru di masak sesuai selera.

Kepiting Saus Tiram 
Bahan : Kepiting, minyak untuk menggoreng
Bumbu : Bawang putih digeprek, jahe, bawang bombai, kecap manis, saus tiram, sedikit terasi, garam.

Cara membuat : Kepiting yang sudah bersih  di goreng  hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ambil sisa minyak untuk menumis bawang putih dan jahe. Setelah harum Tambahkan saus tiram, terasi, dan kecap manis. Setelah mendidih masukkan kepiting. Aduk aduk hingga semua permukaan kepiting bersalut bumbu. Setelah itu tambahkan bawang bombai. Aduk. Hingga bawang bombai masak setengah mata saja. Angkat dan siap sajikan


Kepiting Asam Manis  
Bahan  : Kepiting tambak, minyak untuk menngoreng
Bumbu : Bawang putih digeprek, jahe, bawang bombai, saus sambal pedas manis, kecap manis, saus tiram, sedikit terasi, gula, garam.

Cara membuat : Panaskan minyak goreng. Goreng kepiting  hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ambil sisa minyak untuk menumis bawang putih dan jahe. Setelah harum Tambahkan saus tiram, saus sambal, kecap manis, sedikit terasi dan gula Tunggu beberapa saat lalu masukkan kepiting. . Aduk aduk hingga semua permukaan kepiting menyatu dengan bumbu. Setelah itu tambahkan bawang bombai. Aduk hingga  kepiting asam manis matang.


Kepiting Kare
Bahan : Kepiting, santan encer dan kental, cabai rawit utuh.
Bumbu : Ketumbar, sedikit jintan, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, merica (semua bumbu di haluskan). Sere,  lengkuas, asam jawa/tomat

Cara membuat : Rebus santan encer hingga mendidih. Masukkan kepiting yang telah di cuci bersih. Beri cabe rawit utuh. Setelah mendidih kembali masukkan bumbu yang dihaluskan. Tambahkan sere yang digeprek terlebih dulu, lengkuas dan asam jawa/tomat. Beri santan kental dan masak hingga matang. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar