Sabtu, 23 Maret 2013

RESEP BANDENG JUWANA


Bandeng Bakar Sambal Terasi

Aneka Masakan Bandeng Juwana

     Untuk yang kesekian kalinya aku tak bosan menampilkan menu ikan bandeng dalam blog ini. Ada yang kurang saja jika belum lengkap. Bandeng x factor, hehehe..... Pokoknya bandeng is the best. Mau digoreng, direbus, di bakar, bolak balik sampai pusing bandengnya....semua enak. Mau banyak duri atau amis tak masalah bagi penyuka bandeng. Mau tiap hari juga nggak bosan.
Nah sekarang aku tambah lagi menu menu bandeng lainnya

Bandeng Goreng
     adalah bandeng yang digoreng dengan bumbu ketumbar, bawang putih, kunir, garam. Biasa dihidangkan bersama sambal, sayur asem atau sayur lodeh.



Bandeng Kecap
     adalah bandeng rebus dengan bumbu kecap. Pengolahannya tidak rumit dan sederhana tapi rasa ikannya berubah gurih, manis, dan hangat karena tambahan jahe.
Bahan : ikan bandeng, kecap.
Bumbu : cabai merah/hijau/rawit, bawang merah, bawang putih, tomat jahe (diiris). Untuk bumbu yang dihaluskan adalah merica dan kemiri, garam.
Cara membuat : Bandeng yang telah bersih dan dipotong potong ditata dalam panci. Taburkan di atasnya bumbu irisan dan juga bumbu yang dihaluskan. Tambahkan air dan kecap lalu direbus hingga matang.


Bandeng Kecap

Bandeng Bakar


Bandeng Bakar

       Bandeng bakar  khas Juwana terletak pada cara membakarnya, yang tidak menggunakan bumbu apapun kecuali garam. Jadi Bandeng yang sudah bersih hanya dilumuri garam lalu dibakar di atas arang hingga matang. Bumbu untuk bandeng bakar Juwana hanya pada cara penyajian saja, yaitu dipenyet dengan sambal terasi dan dibumbui dengan sambal kecap.
1. Bandeng Bakar Sambal Terasi
2. Bandeng Bakar sambal kecap



    Bandeng Bakar sambal kecap
                                                                              
Bandeng kriuk
bahan : bandeng tanpa duri dipotong sesuai selera, bumbu tepung jadi yang banyak dijual ditoko, minyak goreng.
Cara membuat : sesuaikan dengan petunjuk pemakaian yang tertera di label kemasan.

Bandeng kriuk


Bandeng pindang/rebus
     Orang Juwana sangat menyukai ikan ikan yang di rebus.Ikan Bandeng, belanak, laosan, udang dll. Mungkin cara memasak seperti ini dilakukan pertama oleh para petambak. Saat memasak di gubug tambak, mereka tidak ingin direpotkan dengan aneka macam bumbu. Karena yang ada cuma air dan garam  jadilah menu pindang seperti  ini,  yang kemudian menurun sampai sekarang.
Bagi yang pernah mencoba makan  masakan ikan di tambak, pasti bilang rasanya nikmat sekali.

Bahan : Bandeng
Bumbu : Garam, asam jawa, cabai rawit utuh.
Cara membuat : Tata bandeng pada panci memasak. Beri garam, asam jawa dan cabai utuh. Beri air lalu di masak hingga air rebusan tinggal sedikit.

Bandeng pindang/rebus

sambal sebagai pelengkap bandeng pindang

Bandeng Presto (duri lunak)
        Bandeng Presto sudah menjadi masakan yang mempunyai nilai ekonomis, sebab banyak ibu ibu rumah tangga yang mengembangkan usaha jenis ini. Kebanyakan bandeng presto Juwana tidak ada tambahan pengawet. Jadi hanya tahan dua hari jika tidak disimpan dalam kulkas.

Bahan : ikan bandeng, daun pisang, air
Bumbu  : bawang putih, garam, daun salam, sere.
Cara membuat : Bandeng di ambil jerohannya. Tidak usah disisiki (sisik ikan dibiarkan). Tata bandeng berjejer di panci presto. Beri sekat dengan daun pisang agar mudah saat mengambil. Daun pisang juga membuat aroma yang khas.  Bari garam dan bumbu lainnya lalu direbus selama beberapa jam hingga duri lunak.
Setelah matang didinginkan, baru kemudian kita masak sesuai selera. Bandeng presto bisa digoreng dengan telur atau digoreng biasa. Selain itu bandeng presto juga bisa dibuat pepes. 


Bandeng presto mentah (belum digoreng)

Bandeng Semur
      Bandeng semur banyak disajikan untuk acara kenduri. Orang Juwana yang sedang punya kerja, baik acara selamatan atau mau punya hajat mantu, biasanya melaksanakan acara kenduri. Kenduri dilakukan dengan memberi 1 kardus nasi beserta sayur dan lauk pada para tetangga dan orang yang dituakan.  Nah bandeng semur ini bisa menjadi lauk alternatif selain bandeng goreng. Cara memasaknya dibiarkan utuh. Utuh jika ukurannya kecil/sedang dan separo jika besar.

Bandeng semur

Bahan : ikan Bandeng, santan, minyak untuk menggoreng.
Bumbu: Cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, jahe, daun salam, (diiris), kemiri, merica (dihaluskan), kecap, garam, gula 
Cara membuat : Ikan digoreng terlebih dulu lalu ditiriskan. Bumbu yang diiris digongso hingga harum, baru kemudian dimasukkan bumbu yang dihaluskan. Setelah diaduk beberapa menit diberi air. Tunggu hingga mendidih. Masukkan ikan yang sudah digoreng ke dalam bumbu sambil diberi kecap dan garam. Setelah itu masukkan santan dan masak hingga kuah menipis dan ikan berubah menjadi coklat kecap. 

2 komentar:

  1. suka buat presto? jangan sampai lupa untuk membersihkan alat presto anda sist. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kita. :)

    BalasHapus