Senin, 15 Juli 2013

Ikan Banyar Goreng



Pedasnya Goreng Banyar
Ikan Banyar biasa diolah menjadi ikan pindang. Tapi di Juwana ikan ini juga banyak di jual dalam keadaan segar. Orang kadang bingung membedakan ikan banyar dengan ikan kembung. Mungkin karena sama sama di buat untuk bahan ikan pindang. Menurutku ikan banyar bentuknya lebih lebar jika di banding ikan kembung. Daging ikan banyar tidak setebal ikan kembung. Bagian  tengah juga  lebih tipis. Jadi kalau di goreng kadang bagian perutnya bisa ilang.


Meski hasil menggoreng sering tidak memuaskan, tapi aku tidak kapok membeli ikan banyar. Selain gurih rasa ikannya bentuk ikan banyar ini sangat menarik. Apalagi kalau ditata menumpuk di lapak penjual ikan. Kelihatan enak kalau sudah matang....
Selain di goreng ikan banyar juga bisa dimasak dengan aneka bumbu. Tapi seringnya aku beli buat di goreng dan di beri sambal.


Kalau di bumbui aku suka yang pakai bumbu cabai rawit merah yang banyakdan aku buat asin. Jadi rasanya Pedas mantap.

Banyar goreng cabai rawit


Bahan : Ikan Banyar, minyak goreng, daun jeruk.

Bumbu : Cabai rawit merah, tomat, bawang putih, terasi, gula, garam.
Cara Membuat : goreng ikan yang telah bersih, lalu sisihkan. Haluskan semua bumbu lalu tumis dengan minyak goreng. Setengah matang masukkan daun jeruk  ikan yang sudah di goreng. Diaduk aduk hingga bumbu rata dan matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar