Minggu, 21 Juli 2013

Kakap Bumbu Kunir



Warna Kuning Olahan Kakap

       Kakap yang aku masak kali ini, bukan kakap putih tambak atau cukil. Tapi namanya juga Kakap putih (hasil tangkapan laut). Aku sebut ikan Kakap saja. Pas belanja aku milih yang ukurannya kecil saja, sebab yang besar takut ndak habis(ukurannya gede banget).
Bedanya dengan ikan kakap tambak atau cukil adalah daging ikan kakap  lebih kesat/kenyal. Tapi menurutku kakap lebih amis baunya daripada cukil.
Yang membedakan lagi dengan cukil adalah
Kakap mempunyai bentuk kepala yang melengkung tidak belah ketupat.
Sisik kakap lebih besar, juga mengkilat dan bening.


      Untuk mengurangi rasa amis, aku memasak kakap dengan bumbu kuning. Katanya sih bumbu kuning, ini mirip dengan masakan Padang yaitu Gulai Kakap. Mungkin saja benar, tapi kalau di Juwana sih di sebut bumbu kunir (kunyit), untuk mmembedakan dengan olahan mangut yang juga berwarna kuning dan bersantan.

Kakap Bumbu Kunir


Bahan : ikan kakap ukuran sedang, santan encer dan santan kental, petai, cabe rawit, minyak goreng.
Bumbu : kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, garam, gula (semua dihaluskan) Daun jeruk, sere, lengkuas, tomat.
Cara Membuat : Tumis semua bumbu yang di haluskan. Tambahkan dengan daun jeruk, serai. Setelah harum, masukkan santan encer dan ikan kakapnya. Lima menit setelah mendidih masukkan santan kental. Masak hingga kuah mengental. Sebelum diangkat masukkan petai dan tomat. Setelah keduanya layu kompor bisa dimatikan dan sajian siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar