Senin, 15 Juli 2013

Pepes Cukil (Kakap Putih Tambak)

   

Brengkesan Iwak Cukil
     Itu nama masakan hari ini, dalam bahasa Juwana. Karena Dapet ikan cukil lagi di pasar. Di kepala langsung terlintas brengkes/pepes ikan. Kebetulan kemarin hari Minggu. Pas dolan ke rumah ibu, aku sempat meminta daun pisang dan memanen sedikit brimbing keris (belimbing wuluh). Jadi cocok kalau acar buka hari ini bikin brengkes cukil dengan belimbing wuluh. 
     Bagi yang sudah lupa , apa itu ikan cukil? Aku ingatkan kembali ya....ikan cukil adalah sebutan untuk ikan kakap putih tambak di Juwana. Nama lain ikan cukil adalah ikan cabikan. 
     Ukuran ikan aku pilih yang sedang saja. Nanti mengolahnya tak perlu dipotong potong, di biarkan utuh saja. Biar jadi brengkes cukil Jumbo hihi.... Semua bumbu sudah siap. Bawang dah aku kupas, belimbingnya ada 4, besar besar dan juga 2 tomat besar. Daun dah aku cuci, sekarang sudah kering. Sekarang waktunya memasak. 

Brengkes (Pepes) Ikan Cukil




 Bahan :  ikan cukil ukuran sedang, biarkan utuh. Daun pisang, daun salam.
 Bumbu: Cabai merah dan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, asam Jawa, garam, garam,                    belimbing wuluh, tomat, 
Cara membuat : Haluskan bumbu. Untuk belimbing dan tomatnya di haluskan setelah bumbu lainnya halus. Sebab belimbing dan tomat di tumbuk kasar saja. Siapkan daun pisang. Bagian paling bawah daun pisang letakkan daun salam terlebih dulu, lalu beri bumbu. Tumpangi dengan ikan, setelah itu bagian atas di bumbuhi bumbu kembali hingga ikan tertutup. Gulung daun pisang dan semat dengan lidi. Kukus hingga matang. Setelah diangkat, pepes di panggang dalam api kecil agar airnya mengering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar