Minggu, 14 Juli 2013

Botok Rebon Juwana dan Sayur Asem Campur


    

Hidangan untuk Berbuka dan Sahur
      Sore kemarin aku membuat bothok rebon, untuk menu berbuka. Dengan tambahan sayur lodeh dan tempe goreng, ternyata hidangan sederhana itu cocok buat anak anak. Alhasil untuk menu sahur, aku mesti bikin lauk lagi. Tadinya kupikir bothok rebonnya masih ada sisa...., tak tahunya tandas duluan. Hehehe...               Sebelum anak anak bangun sahur, aku kembali memasak lauk. Yang simpel simpel saja, tak butuh waktu lama tapi lengkap. Ada bandeng, udang dan kacang panjang. Kuolah saja bahan diatas menjadi sayur asem isi bandeng dan udang. Jadilah menu sahur yang segar.

Botok Rebon 



Bahan : rebon, kelapa yang muda di parut, petai Cina, irisan cabai rawit, daun pisang. 
Bumbu: ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kencur, terasi, garam, sedikit gula. 
Cara membuat : Haluskan semua bumbu. Setelah itu campurkan bumbu ke dalam kelapa parut, Tambahkan rebon yang sudah dicuci, petai Cina dan irisan cabai rawit. campur hingga rata lalu ditum ( dibungkus dengan daun pisang). Kukus hingga matang. 

Sayur Asem Campur



Bahan : bandeng, udang, kacang panjang, air. 
Bumbu: bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, lengkuas, terasi, asam Jawa. 
Cara membuat : Rebus air hingga mendidih. Masukkan irisan bandeng, udang yang masih berkulit, dan kacang panjang. Setelah mendidih kembali masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Rebus hingga semua bahan dan bumbu matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar