Kamis, 18 Juli 2013

Buntil Ikan Pindang Daun Ketela



BUNTIL IKAN PINDANG

     Biasanya Buntil di buat dengan bahan teri dan tempe. Tapi kali ini aku mencoba membuat buntil dengan bahan ikan pindang yang banyak di jual. Para pedagang sayur keliling juga banyak yang bawa untuk dijual. Jadi mudah untuk menemukan bahannya.


     Meski berbumbu seperti botok tapi tak perlu daun pisang untuk membungkus. Cukup daun ketela sebagai alat pembungkusnya. Kalau istilah Jawa di buntel. Barangkali karena dibuntel itulah maka resep ini di sebut dengan istilah  Buntil.
     Untuk daun ketela, sebelum aku gunakan untuk membungkus, terlebih dulu kurebus biar empuk. Sebab menurutku buntil harus dibuat dengan rasa yang lunak. Pokoknya super empuk.
Repotnya membuat Buntil apa ya? Hehehe....mesti marut kelapa sama bikin santan plus bikin bumbunya dua kali. Selebihnya gampang gampang saja...(repotan nyeterika kali ya?)
     Tapi seneng liat hasil masakan Buntil khas Juwana yang uenakk.....Apa sih standart enaknya? Masa bikinan sendiri dipuji puji sendiri? Hehehe...standartnya karena anak anakku suka, dan minta dibuatkan lagi.....
    Tapi waktu masak aku buat kesalahan juga. Bungkusan daun ketelanya ada yang pudar jadi buntil kelapanya pada keluar. Harap maklum ya...
     Okelah..., waktunya menulis resep

Buntil Ikan Pindang Daun Ketela



Bahan : ikan pindang diambil dagingnya, daun ketela direbus terlebih dahulu ,kelapa paurt yang muda, cabe rawit merah utuh, petai, santan, petai cina, minyak untuk menumis.

Bumbu untuk kelapa yang di parut: ketumbar, jintan,  bawang putih, bawang merah, cabai merah, terasi, kencur, garam, gula. ( dihaluskan)
Bumbu untuk kuah : ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, garam, sere, gula merah (dihaluskan)
Cara Membuat : Campur ikan pindang, parutan kelapa yang sudah berbumbu, petai cina dan cabai rawit merah utuh. Tata daun ketela menumpuk hingga lebar. Masukkan campuran bahan buntil yang sudah jadi. Tutup bahan buntil dengan daun ketela hingga rapi. Kalau perlu diikat agar tidak lepas.  Setelah selesai kukus.
Sambil menunggu buntil yang dikukus. Siapkan bumbu untuk kuah.
Setelah 20 menit angkat bahan buntil. Setelah itu  kita tumis bumbu kuahnya  hingga harum. Kemudian masukkan santan. Masak hingga santal mengental. Jangan lupa masukkan petai dan cabe rawit utuh. Terakhir masukkan buntil yang sudah dikukus ke dalam kuah. Rebus sebentar lalu angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar