Jumat, 22 Maret 2013

Aneka Sambal dan Lalapan Ala Juwana


                                          Sambal dan lalapan

            Sambal  dan Lalapan Ala Juwana

Sambal 
   
     Sambal menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah makanan yang terbuat dari cabai, garam, dan sebagainya yang ditumbuk atau dihaluskan dan biasanya dimakan dengan nasi.
Jadi bahan utama membuat sambal adalah cabai dan syaratnya harus dihaluskan.  Sambal bagi orang Indonesia  merupakan hidangan khas. Perannya sebagai pembangkit selera makan.  Rasanya  tidak mantap (ada yang kurang)  jika tak ada sambal yang mendampingi nasi.  Tak masalah jika lauk yang terhidang  hanya tempe, asalkan ada sambal di sampingnya. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, ikan asin, semua  kudu pakai sambal.

sambal terasi

Lalapan

     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daun daun muda, mentimun, petai mentah dsb yang dimakan bersama sama dengan nasi, ulam.
Dari penjelasan di atas, maka yang digunakan sebagai lalap adalah jenis sayuran. Sayuran tersebut dihidangkan dalam keadaan mentah. Namun ada beberapa jenis sayuran yang harus direbus terlebih dahulu sebelum digunakan untuk lalap.Lalapan di Juwana tidak begitu banyak jenisnya. Biasanya yang mudah ditemui di pasar atau yang tumbuh disekitar rumah. Ini karena Juwana bukan daerah penghasil sayur. Meski begitu, lalapan tetap digemari. Apalagi olahan ikan sangat membutuhkan kehadiran lalapan.
     Orang Juwana mengartikan lalapan sebagai  sayuran mentah (bukan sayuran yang di rebus terlebih dahulu). Untuk sayur yang direbus  , orang Juwana cenderung  membuatnya menjadi kuluban/gudangan/urap. Namun ada sejenis sayur yang direbus untuk digunakan lalap yaitu "Pedoyo"


                                                            aneka lalapan segar
Cerita tentang Sambal

      Sambal tak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Tua muda, miskin kaya semua doyan sambal. Sambal adalah makanan yang merakyat dan tak mengenal tingkatan atau batas sosial.
Kalau orang tua ingin anaknya doyan makanan ikan sejak kecill, sebenarnya ada cara mudah untuk membuat mereka doyan ikan. Sejak ia masih kecil, cobalah memberinya ikan yang diberi sambal. Sesuaikan dengan umur mereka. Maksudnya jangan pedas. ini sedikit trik dari orang Juwana agar anaknya doyan ikan, hehehe.. 

     Tentang sambal atau sambel (kata orang Jawa bilang) yang merakyat, kehadirannya selalu ditunggu para pencari makanan. Dari mulai Gang sempit hingga gang lebar, dari mulai  Warung  makan pinggiran sampai warung makan gedongan sambel selalu tersedia dimanapun anda berada.  Sambal yang identik dengan masakan khas Indonesia ini hadir dengan berbagai macam  variasi. Lain tempat lain model sambalnya.
Membuat sambal juga tak terlalu rumit. Bahannya mudah dicari sekaligus mudah dibuat.  Meski ada banyak jenis sambal, tapi yang paling populer dan paling digemari adalah sambal terasi .
     Sekarang aku ingin membawa lidah lidah pembaca untuk menikmati sambal ala Juwana yang sudah aku kumpulkan.
Mau tahu apa yang menjadi ciri khas sambal  terasi Juwana selain terasi? Ternyata  brambang  (bawang merah). Ya Sambal terasi Juwana  selalu ditambahkan bawang merah sebagai bahan untuk membuat sambal.

Sambal Terasi
      Jenis sambal yang paling banyak digunakan. Ikan, daging, ayam, telur, tempe, tahu dll, semuanya cocok di beri sambal. Bahannya, cabai merah, bawang merag, garam, gula , terasi.

Bandeng Bakar penyet, menggunakan sambal terasi dengan cabai merah yang dikukus terlebih dahulu. Sedang bawang merahnya  pakai yang  mentah. Beri perasan jeruk nipis/jeruk pecel

Udang goreng tepung, memggunakan sambal terasi cabai merah dan bawang merah  mentah. Jangan lupa lalapannya

Sambal Tomat
     Bahan yang digunakan sama dengan sambal terasi, hanya di beri tambahan tomat dan jeruk sambal saja
Bahan sambal tomat : cabai merah, bawang merah, tomat (dikukus), terasi, garam gula.

Sambal tomat untuk menu tahu rebus penyet

Sambal Kencur 

     Sambal kencur biasa dgunakan jika kita menggunakan petai cina mentah sebagai lalapannya. Lalapan ini langsung dicampur bersama sambel dan ikan, terutama udang bakar.


Bahan ; udang bakar, petai cina mentah, (bahan sambal :cabai merah, terasi, kencur, bawang merah, garam, gula).

Sambal Asem Sambal Pedoyo

     Sambal asam adalah sambal yang dimakan bersama Pedoyo. Bahannya sama dengan sambal terasi, hanya ditambahkan asam jawa agar rasanya kecut (asam)



Pedoyo : bahan dari krai yang direbus hingga empuk

                                                         Sambal asam dan Pedoyo

Sambal Kecap

     Sambal kecap tidak menggunakan terasi. Sambal ini digunakan sebagai pelengkap sayur sup yang disertai ikan bakar bandeng bumbu kecap. Selain itu sambal kecap sering  digunakan untuk membuat olahan dari tahu.



Bahan : kecap manis, cabai rawit, bawang putih. Bisa ditambahkan irisan tomat dan bawang merah segar  (seperti bumbu sate)

Tahu potong sambal kecap


Sambal Tempe Rebus
     ada 3 macam  yaitu :
1. Sambal Terasi
     Tempe godog atau tempe rebus di penyet sambal terasi . Tidak ada tambahan bahan lainnya kecuali lalapan

2. Sambal Terasi Cabai Rawit
      Biasa digunakan untuk olahan tempe rebus. Sama seperti sambal terasi, bedanya sambal ini memakai cabai rawit yang rasanya jadi makin puedass. Ditambah lalapan kecambah mentah yang dicampur jadi satu, olahan sambal ini pantas untuk dicoba. Sambal cabai rawit bisa dihidangkan bersama ikan asin atau ikan pindang (ikan yang direbus)

Bahan : tempe rebus, kecambah/taoge, petai cina. Bahan Sambal , cabe rawit, bawang merah, gula, garam, terasi


 


2. Sambal Kelapa
      Satu lagi sambal untuk olahan tempe rebus, yaitu sambal Kelapa.  Bumbu sambal sama dengan sambal yang digunakan untuk membuat urap/gudangan, bedanya bahan sayurannya harus mentah.

Bahan: Tempe rebus, daun kemangi, taoge. Bahan Sambal : cabe merah, bawang putih, terasi, kencur, garam, gula, kelapa parut.
  




Hidangan yang siap di sajikan

Sambal Docang
     Merupakan sambal kelapa urap  khusus untuk sayur kacang panjang mentah yang dirajang kecil kecil. Sambal docang merupakan pelengkap bagi menu lontong semur khas Pati. Jika di Juwana banyak dibuat saat Lebaran, yaitu sebagai pelengkap lontong opor sayur lodeh.

Bahan : Kacang panjang dirajang kecil kecil, kelapa parut. Bahan untuk sambal, cabe merah,kencur, bawang putih, garam, gula, terasi

Sambal Belimbing Wuluh
      Sama seperti membuat sambal terasi yang ditambah dengan brimbing keris (belimbing wuluh). Sambal dengan rasa pedasdan asam ini khusus di buat untuk memenyet nus /cumi bakar.

Bahan : cabe merah, belimbing wuluh, bawang merah, terasi, garam,gula

Sambal Bawang
     Sambal tanpa terasi. Bahannya terbuat dari lombok ijo (cabai hijau) atau cabai rawit merah (sambal setan kta orang)dan bawang putih. Setelah diulek dipanaskan dengan minyak goreng. Di makan bersama tempe, empal, bebek goreng ikan peda asin .

Bahan : cabai rawit merah, bawang putih, garam, minyak untuk menggoreng
                                         
Sambal Terasi Jelantah
     Adalah sambal terasi yang diberi jelantah (minyak goreng bekas menggoreng ikan yang akan di sajikan). Sambal ini cocok untuk menu ikan goreng dari jenis ikan apa saja.

Sambal Terasi Jelantah



Sambal Ayam
      Sambal yang bahannya paling lenkap. Berasa pedas manis karena  tambahan gula merahnya.

Bahan sambal : cabe merah, bawang putih, bawang merah, tomat,  gula merah, terasi, saus tiram , minyak untuk menggoreng . Jangan lupa lalapan petai gorengnya.



3 komentar:

  1. hmmmm..bikin ngiler nih sambelnyaa..sayangnya aku gak bisa nyobain..karena lagi hamiL..:(

    BalasHapus
  2. Ndk apa2 dicoba sedikit...kl ndk nanti bayinya ngiler jg...:D

    BalasHapus
  3. wah.. cocok mbak... wong juwono pancen tidak bisa dipisahkan dengan sambel.... maturnuwun info2nya

    BalasHapus