Kamis, 25 April 2013

Memasak Ikan Kakap Putih (Ikan Cukil)Tambak




Ikan cukil Kelo Kunir Pedas

Ikan Kakap Putih Tambak , di Juwana di kenal sebagai Ikan Cukil atau Ikan Cabikan. Ikan cukil adalah jenis ikan hama di usaha budidaya tambah bandeng atau udang. Selain sebagai pemangsa, ikan ini juga bersaing dalam perebutan makanan. Oleh sebab itu petani bandeng atau udang menganggap jenis ikan cukil termasuk ikan pengganggu.
Sebenarnya rasa ikan cukil mempunyai rasa tak kalah lezat. Dagingnya tebal, gurih, juga tak banyak tulang seperti ikan bandeng. Nilai jualnya juga lebih tinggi/mahal dibanding ikan Bandeng. Tapi karena ikan ini sebagai pengganggu maka dia harus di hilangkan dan dilenyapkan dari tambak (sadis ye?), agar panen udang bisa maksimal .Tapi sekarang banyak juga lho yang membudidayakan jenis kakap putih alias cukil ini. Karena tadi harganya bersaing dengan bandeng. Kalau mau lihat ikan cukil, ini ada gambar ikan mentahnya. Bentuknya jelek dengan tubuh trapesium. Ikannya besar,  mukanya juga agak lebar dengan moncong  yang dower pula :D, penghinaan ini.....(mungkin karena bentuk mulutnya yang  menganga ini, orang Juwana lalu menyebutnya Cukil. Barangkali ingat pada tokoh Wayang Buta Cakil yang merupakan musuh Janaka)...hehehe.
Satu lagi , sisik Ikan Cukil juga  tebal,  sehingga mesti pakai pisau yang besar dan tajam untuk membersihkannya. Tapi jangan liat bentuknya ya....yang penting rasanya......enak tenan....
Iseng iseng kemarin aku beli, buat anakku yang memang doyan ikan. Aku juga seneng sebab kalau pas makan anakku bisa menguliti dagingnya sendiri, sebab durinya besar dan berada di tengah. Jadi nggak bakal ada yang nempel di daging.  Tapi ....kadang susah juga lho cari ikan cukil ini...mungkin tergantung musim...kali ya....
Nah ini, yang namanya Ikan Kakap Putih alias Ikan Cabikan alias Ikan Cukil. Yang aku pilih ini yang paling kecil



Ikan cukil , kata orang Juwana sangat lezat jika dimasak Kelo mrico (Kuah merica pedas). Tapi kemarin aku membuat masakan ini dengan bumbu cabe yang pedas dengan cara merebus (tradisi Juwana) dan ditambah dengan kepoh/kruntil (buah mangga yang muda). Namanya Kelo Kunir Pedas. Rasanya harus seimbang yaitu Pedas, manis dan asam.


Kelo Kunir Pedas 

Bahan : Ikan Cukil, mangga muda potong memanjang, air untuk merebus.
Bumbu halus : Cabai merah dan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunir (kunyit), tomat, terasi, gula, garam.
Bumbu lain : sere, daun salam, lengkuas

Cara membuat : Tata ikan dalam panci atau wajan. Tambahkan bumbu yang dihaluskan dan irisan mangga muda. Beri air dan tambahkan pula bumbu lain. Rebus hingga air tinggal sedikit dan matang. Bagi yang tidak suka ikan rebusan, ikan bisa digoreng terlebih dulu. Tapi rasanya beda lho antara yang digoreng sama yang direbus mesti bumbunya sama.  
Cara membuatnya mudah kan? 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar