Minggu, 17 Februari 2013

CERITA KULINER JUWANA






CERITA KULINER JUWANA


Masakan di suatu daerah berbeda dengan  daerah yang lain. Terutama pada penggunaan bumbu. Dalam satu wilayah Kabupaten saja,  bumbu resep yang dipakai  untuk satu nama makanan saja berbeda. Semua tergantung dari selera dan kebiasaan. Di Juwana, cara orang memasak ikan sudah berbeda dengan di Pati, meskipun dalam satu wilayah Kabupaten Pati. Kami orang Juwana lebih suka ikan yang direbus daripada di goreng. Ikan ikan rebus tersebut disajikan dalam bentuk pindang (direbus hingga tinggal kaldu yang sedikit kental) ataupun ikan berkuah dengan bumbu lengkap.
 Beberapa teman dari luar kota yang  datang menginap, kadang heran melihat hidangan ikan rebus yang berwarna putih karena tidak digoreng. Mereka menanyakan apa itu enak? Apa tidak amis? Kami hanya bisa mengatakan , "Cobalah, nanti baru tahu rasanya!"
Tetapi kami tak berani untuk memaksa orang untuk makan, apalagi bagi teman yang sudah tak suka dengan warna putihnya (hahaha). Makanya kami tetap memberi menu lain yang netral  sebagai pendamping  
Meski tampilan terkesan sederhana, tapi beberapa teman yang akhirnya  mencicipi sering rindu untuk datang dan minta di masakkan lagi. 
Mungkin sudah warisan yang turun temurun. Keluarga kami jarang menggunakan msg untuk membuat rasa menjadi gurih. Kami terbiasa menambahkan udang untuk menambah cita rasa. Selain itu kaldu ikan yang direbus rasanya sudah gurih. Cita rasa masakan kami harus seimbang antara asin dan pedas. Sambal terasi merupakan menu pelengkap yang tak bisa ditinggal bagi sebagian masyarakat Juwana. Semua jenis ikan pindang rebus harus di makan dengan sambal.  Jika suka, kaldu kental yang asin bisa di campurkan ke dalam nasi untuk menambah selera makan. Rasanya seperti kecap asin tapi lebih alami.
Di bawah ini beberapa resep masakan khas dari Juwana

Udang Rebus


Bahan  : -Udang  ukuran besar
Bumbu : -asam jawa
              -bawang putih iris
              -cabai rawit utuh
              -garam
Cara membuat
              -Udang di tata dalam panci. Taburkan semua bumbu lalu diberi air sedikit. Tutup panci hingga rapat lalu masak hingga udang berwarna merah dan matang. Memasak udang tidak perlu terlalu lama agar rasa manisnya tidak hilang.

Bandeng Kelo Mrico



Bahan : Bandeng (blanak, cukil, sembilang) . Jenis ikan sesuai selera
            daun kedondong yang masih muda 
            Kacang panjang jika suka
            air untuk merebus
Bumbu: Cabai merah dan rawit
             Bawang merah
             Bawang putih
             merica
             asam jawa
             kemiri
             garam
             gula
             semua bumbu diuleg/dihaluskan
Cara membuat
             -rebus iar hingga mendidih. Masukkan ikan yang sudah disiapkan. Tunggu sampai medidih kembali, baru semua bahan yang tersisa dan bumbu halus dimasukkan. Masak hingga matang

Pecel Panggang
            Ikan panggang merupakan hidangan favorit sebagian besar orang juwana. Pecel panggang biasanya di lengkapi dengar jangan kunci (sayur bening) untuk menambah cita rasa.



Bahan : panggang manyung irisan/ ikan asap
Bumbu : garam
Pelengkap : sambal terasi. (cabai untuk sambal dikukus lebih dulu)
Cara membuat :
              -ikan asap/panggang direbus. diberi garam. setelah matang di penyet di atas sambal.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar