Senin, 18 Februari 2013

RESEP RUMAH KULINER JUWANA





 KULINER JUWANA


Cerita memasak tak akan pernah habis dibahas. Karena manusia hidup memang butuh makan. Kreasi tercipta juga karena manusia ingin menikmati hal baru. Semua ada awalnya. Semula sederhana lama lama berubah maju. Dalam makanan kita tak mengenal masakan lama atau masakan baru. Semua sama sama dicari.  Lidah punya andil besar yang merongrong manusia untuk berburu. Ternyata  lidah memiliki rasa kangen untuk mencicipi masakan masa kecil, masakan nenek dan masakan ibu. Mungkin itulah yang membuat seseorang yang tumbuh dewasa akan didera penyakit pulang kampung / pulang ke rumah. Lidah tak hanya mengecap dan merasa. Ia juga mengutus otak untuk membantu memenuhi rasa penasarannya.
Sebuah tempat atau kota ,mungkin tak akan di kenal oleh banyak orang,  apalagi oleh seluruh orang Indonesia. Tapi bagi orang orang yang merasa dilahirkan di suatu tempat/kota,  hingga menghabiskan masa kecil, sekolah bahkan dewasanya di sana, kehadiran tempat/kota itu tak akan terlupakan. Hal hal kecil mulai tempat bermain, sekolah, keadaan rumah waktu kecil akan terekam jelas hingga seseorang tua. Demikian juga makanan yang sering dikonsumsinya waktu kecil. Kita bisa mencotohkan tokoh dunia, Presiden Obama yang masih ingat tentang..Indonesia.. “Pulang kampong nih”.. juga  tentang makanan seperti sate, nasi goreng, emping, krupuk bakso……”Enak ya?”
Jadi tak usah malu malu nyari kuliner daerah di mana kita dulu berasal dan tinggal. Jika  rindu tapi tak bisa pulang langsung saja masak. Di bawah ini lanjutan dari kuliner rumah dari Juwana

Bandeng Peda Serani


Bahan:

-.Bandeng peda (Bandeng peda adalah bandeng yang telah dibuang jeroannya dengan cara membelah punggung bandeng atau di ambil setelah di potong. Kemudian bandeng dilumuri garam dan disimpan dalam kuali dan ditutup rapat, dan dibiarkan meresap garamnya hingga semalam)

Bumbu:
-Cabai merah iris
-Bawang merah iris
-bawang putih iris
-jahe
-tomat
Bumbu yang diuleg:
-kemiri dan kencur

Cara Membuat:
-Peda Bandeng di cuci bersih, di potong sesuai selera. Setelah bersih di rebus dengan sedikit air, hingga mendidih. Masukkan semua bumbu, baik yang diiris maupun yang diuleg dan sudah digongso. Setelah itu tuangidengan santan. Masak hingga matang

Kothok Pindang


Bahan : -ikan pindang kembung
Bumbu: -cabai merah dan rawit
              -bawang merah
              -bawang putih
              -tomat
              -kemiri
              -asam jawa
              -garam 
              -gula              
Cara membuat :
              -Ikan ditata rapi di atas panci yang terbuat dari tanah liat (kuali), jika tidak ada dengan panci biasa. Semua bumbu dihaluskan (diuleg) lalu di masukkan dalam panci. Tuangi air lalu di masak hingga air tinggal sedikit.

Brengkes (Pepes) Bandeng




Bahan : -Bandeng
              -Daun Pisang
              -Irisan mangga muda/belimbing wuluh
Bumbu: -cabai merah 
              -Bawang merah
              -Bawang putih
              -Kemiri
              -Asam Jawa
              -Tomat yang masak
              -garam
              -gula
Cara membuat :
              -Semua bumbu di haluskan, kemudian dibalurkan pada ikan bandeng sampai merata. Bungkus dalam daun pisang lalu dikukus hingga matang. 
              -Brengkes yang sudah masak kemudian dipanggang hingga air dalam daun mengering


Tidak ada komentar:

Posting Komentar