Selasa, 20 Agustus 2013

TERIK DAGING

 

BEKAL SEKOLAH

     Si Bungsu sudah naik kelas. Pulangnya tidak pagi lagi tapi siang. Sekarang kalau sekolah dia minta dibawakan bekal nasi. Sebab dia malas kalau antre di Kantin. Lagipula letak kantin juga jauh dari kelasnya.        Ketika aku tanya ada berapa temanmu yang bawa bekal? Ia jawab ada 3 orang. 
Syukurlah...... pikirku. Sebab bekal yang dibawa pasti lebih bersih dan sehat tentunya. Dan yang pasti dia tidak malu untuk membawa kotak makan di sekolah. Konsekuensinya....aku  sekarang repot, mesti menyiapkan beberapa menu untuknya. Tapi itu hal kecil yang tak harus  dikeluhkan. Sekalian  masak buat siang.....
Beberapa masakan yang kubuat untuknya nih.......

Terik Daging


Bahan : daging, santan kental, airuntuk merebus, minyak goreng untuk menumis.
Bumbu : ketumbar, bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, gula merah. (dihaluskan). Dibiarkan utuh : daun salam, lengkuas.
Cara membuat : Rebus daging yang telah di potong potong (jangan terlalu besar atau terlalu kecil). Rebus hingga empuk. Lalu sisihkan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam dan lengkuas hingga wangi. Masukkan daging sambil diaduk aduk. Setelah bumbu rata masukkan  sisa air kaldu. Setelah mendidih tambahkan santan kental. Masak hingga kuah mengental.

Mi Goreng Pedas


Bahan : Mie telor, wortel, kubis, daun onclang, kecap manis.
Bumbu : bawang putih, kemiri, merica, cabe rawit merah/cabe setan, garam  (dihaluskan), bawang merah  dan bawang putih (diiris)
Bumbu pelengkap : kecap dan bawang goreng
Cara membuat : Rebus mi hingga lunak. Setelah diangkat tambahkan sesendok minyak goreng agar tidak lengket. Tambahkan kecap manis hingga warnanya menarik.
Goreng bawang merah dan bawang putih setengah matang. Lalu masukkan bumbu halus. Setelah baunya harum masukkan wortel yang telah diiris tipis tipis memanjang. Setelah 3 menit masukkan kubis dan mie secara bersamaan. Aduk aduk hingga bumbu rata. Terakhir masukkan daun onclang. Setelah matang , hidangkan dan taburi dengan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar