Sabtu, 03 Agustus 2013

Sambal Goreng Ati Sapi



GURIHNYA SAMBAL GORENG 
dan 
BACEM

     Setelah mengantar ke sekolah, aku mampir ke pasar membeli ati sapi, kentang, kelapa, sama petai. Hari ini mau masak sambal goreng ati. Sudah lama banget nggak bikin. Takut kebanyakkan makan jeroan. 
     Tapi sesekali tidak mengapa, yang penting tahu porsinya. Lagipula kalau bikinnya buat keluarga palingan kalau dah jadi, kebagian sedikit juga....hehehe....
     Itung Itung memperkenalkan masakan sendiri buat anak anak, agar mereka tahu aneka jenis masakan Indonesia yang kaya. Mereka juga suka kalau ibunya memasak macam macam masakan. Selain memasak ati sapi aku juga bikin tempe dan tahu bacem sebagai pelengkap. 

SAMBAL GORENG ATI SAPI 


Bahan : ati sapi, kentang, petai, telur puyuh, santan, minyak untuk menumis.
Bumbu halus : cabai merah besar yang telah direbus dan di buang isinya (agar sambal berwarna merah),                               bawang merah, bawang putih, asam jawa sedikit, terasi,kemiri, garam, gula. 
Bumbu iris : cabe merah dibuang isinya lalu diiris tipis tipis. 
Bumbu pelengkap :sere, daun jeruk, daun salam, lengkuas. 

Cara Membuat : Siapkan semua bahan. Rebus ati sapi terlebih dahulu hingga kaku. Potong kotak lalu digoreng. Kentang dikupas lalu potong potong dan di goreng. Kupas telur puyuh. Setelah bahan siap, bumbu yang telah halus kita tumis hingga wangi. Tambahkan cabai merah iris, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sere. Masukkan ati sapi, kentang dan telur puyuh. Aduk rata hingga bahan tercampur. Masukkan santan kental dan masak hingga santan meresap Sebelum di angkat masukkan petai hingga setengah matang.

TEMPE TAHU BACEM 


Bahan : Tempe, air kaldu, santan, minyak goreng 
Bumbu : ketumbar, bawang merah, bawang putih,kemiri, gula Jawa, garam (semua dihaluskan), lengkuas,                   daun salam 
Cara membuat : letakkan tahu dan tempe dalam panci. tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas dan daun salam kemudian siran dengan santan. Masak hingga bimbu meresap. Sebelum disajikan bahan yang sudah matang di goreng terlebih dulu hingga warnanya berubah coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar