Kamis, 22 Agustus 2013

SUP KUAH JUWANA




SUP KUAH NAN SEGAR 

      Dalam beberapa acara hajatan yang diselenggarakan,baik itu hajatan kecil atau hajatan besar, menu yang sering disajikan adalah hidangan sup. 
Tak terkecuali di Juwana. Menu Sup untuk hidangan tamu biasanya terdiri atas aneka macam sayuran, bakso kecil kecil yang tebuat dari daging ayam atau sapi, makroni.  Dan yang pasti kuah supnya... encer, tidak diberi tepung tapioka. 
Kuah sup berasal dari rebusan tetelan (tulang dan sisa daging) ayam atau sapi. Pokoknya sesuai selera yang punya gawe. 
     Tak melulu untuk acara hajatan atau pesta, sup kuah yang familier ini juga sering kami sajikan untuk hidangan di meja makan. Karena kuahnya yang segar dan terdiri beragam sayuran, hidangan ini sangat cocok untuk menarik hati anak agar menyukai sayuran. Sayang ada bahan yang tak ikut ditampilkan yaitu makroni. Tidak beli, karena mengira di rumah masih ada

SUP KUAH DAGING SAPI


Bahan : Wortel, bunga kol, kentang, kapri, bakso, sosis, minyak goreng untuk menumis, kaldu. 
Bumbu : Bawang putih, bawang bombai, merica, pala, garam, daun seledri, daun onclang 
Bumbu pelengkap : bawang goreng.


Cara membuat : Rebus satu persatu sayur dan lainnya,  mulai wortel, kentang, bunga kol, kapri dan sosis sapi. Tempatkan dalam wadah saji. Siapkan kuahnya dengan cara merebus tetelan sapi. Gongso bumbu yang dihaluskan yaitu bawang ,merica, serta irisan bawang bombai. Setelah harum masukkan ke dalam kuah kaldu yang telah disaring.  Tambahkan seledri utuh dan daun onlang yang dipotong panjang.  Tambahkan bakso, bawang goreng dan kuah sup siap di hidangkan selagi panas. 

     Untuk membuat BAKSO , siapkan : 



Bahan : daging sapi, tepung tapioka, air es. 
Bumbu : bawang, merica , garam ( dihaluskan) 
Cara membuat : daging, tepung, air es, bumbu halus masukkan ke dalam wadah penggilingan. Bahan dan bumbu digiling hingga halus. Setelah selesai dibentuk buat bahan bakso menjadi bulatan keciil. Rebus dalam air mendidih. Bakso yang matang akan terangkat ke atas. Saring dan masukkan untuk melengkapi hidangan sup kuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar