Senin, 03 Juni 2013

Soto Bening Juwana





Segarnya Soto 

Soto yang dikenal di Juwana ada dua, yaitu soto berkuah bening dan soto berkuah santan. Soto di Juwana biasanya menggunakan ayam sebagai bahan utama, terutama untuk kaldu, ayam untuk suwiran dan ayam goreng sebagai pelengkap/lauk. Sebenarnya di wilayah Pati termasuk Juwana juga mempunyai masakan soto khas Pati yang lebih di kenal dengan nama Soto Kemiri. Ciri Soto Kemiri adalah kuahnya yang menggunakan santan dan berwarna kuning, seperti opor.
Hanya saja bagi yang tidak suka masakan bersantan, ada baiknya memilih soto bening saja sebagai pilihan. Memang agak sedikit lama mempersiapkan jenis masakan ini, sebab ada bahan bahan tertentu yang menjadi pelengkapnya, seperti taoge/kecambah, kentang goreng, juga sambal. Meski lama tapi kalau hasilnya ditunggu perut yang lapar...dijamin masakan ini akan enak hasilnya....hehehe..., apalagi jika menu pelengkapnya juga lengkap.....
Ada krupuk, ada tempe goreng, telur rebus.....hmmmm






Soto Bening Juwana
Bahan dan Pelengkap : Ayam, kecambah, kentang goreng, mie soon, telur rebus, cabai rawit untuk sambal, jeruk nipis, irisan daun bawang/onclang, kecap manis, minyak goreng untuk menumis bumbu, bawang putih goreng

Bumbu : Ketumbar, bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, garam, gula (semua dihaluskan), daun jeruk, daun sere

Cara membuat : Rebus ayam yang sudah dibersihkan hingga daging empuk, lalu ambil kaldunya. Tumis bumbu yang sudah di haluskan. Tambahkan daun sere dan daun jeruk. Setelah harum angkat dan masukkan ke dalam rebusan kaldu ayam. Masak hingga matang. Tambahkan irisan daun onclang dan bawang goreng sebelum diangkat.


Masak bahan pelengkap lainnya yaitu rebus taoge sebentar, rebus juga mie soon, goreng kentang yang telah dipotong. Buat sambal dari cabai rawit yang direbus terlebih dahulu. Buat irisan  jeruk nipis. Suwir ayam dari ayam yang telah digoreng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar