Senin, 10 Juni 2013

Masakan Udang Sehari hari



Resep sederhana Untuk.....
Si Udang yang Merah
Masakan yang di campur udang biasanya rasanya tambah lezat. Mie goreng, nasi goreng, capjai dll. Selain sebagai campuran untuk masakan yang lain, udang juga menjadi bahan utama sebuah masakan . Sebut saja udang saus tiram, udang asam manis dll.  Bagi yang tidak alergi, udang kadang menjadi olahan favorit. Sepertinya aku juga sudah banyak memuat resep resepku tentang udang, mulai, bothok udang, brengkes udang, kothok udang, dadar isi udang dll.  


Setiap kali aku menulis aku sering katakan jika udang adalah jenis ikan yang selalu ada dan juga mudah di dapat di Juwana. Makanya banyak ragam maskan udang  yang dibuat. Kali ini ada beberapa resep yang sering aku buat di rumah....
Asli, bumbunya benar benar selera dan lidah orang Njuwono...hehehe

Heci Isi Udang
Heci kalau di juwana adalah gorengan tepung yang isinya sayur-sayuran.


Bahan : Udang, ukuran sedang, tepung terigu, kol/kubis, wortel, daun bawang/onclang, air, minyak untuk 
              menggoreng
Bumbu : Bawang putih, kemiri, garam (diuleg halus), bawang merah diiris tebal ( agar tidak gosong saat 
             digoreng), irisan cabai rawit, potong melintang.
Cara Membuat : Kupas udang lalu cuci bersih. iris kol tipis tipis. Potong wortel memanjang tipis tipis.
Siapkan terigu lalu buat adonan dengan mengencerkannya dengan air. Tambahkan udang kupas, kol, wortel,  daun bawang (yang sudah diiris), bumbu halus dan bumbu iris. Aduk hingga rata. Panaskan minyak goreng. Setelah panas goreng adonan heci dengan cara diambil dengan sendok dan buat dengan bentuk bulat.



Sup Udang 
Bahan  :Udang windu/ Udang biasa, wortel, kentang, bunga kol, kol , tomat, daun bawang, seledri (utuh jangan 
             dipotong)
Bumbu : Bawang putih (geprek), merica bubuk, jahe di geprek.garam, asam jawa.



Cara membuat : Rebus air. Setelah mendidih masukkan seledri utuh, wortel dan kentang. Setelah empuk masukkan bumbu bumbunya. Setelah mendidih kembali masukkan kembang kol, kobis dan udang. Masak hingga matang.  Sebelem di angkat tambahkan dengan irisan daun bawang.

Sambal Goreng Udang Ati

Bahan : Udang ukuran sedang, ati ayam, telur puyuh, santan kental, kentang , minyak untuk menggoreng
Bumbu halus : bawang putih , kemiri, cabai merah buang isinya, terasi, asam jawa, garam, gula.
Bumbu iris    : bawang merah, bawang putih,lengkuas, daun salam


Cara membuat : Rebus ati ayam hingga empuk lalu dipotong potong. Goreng kentang lalu sisihkan. udang juga dikupas sisakan ekornya.
Siapkan minyak goreng. Tumis bumbu iris. Setelah harum ganti masukkan bumbu halus. Setengah matang lalu masukkan udang kupas hingga berubah warna. Menyusul kemudian ati ayam dan telur puyuh. Aduk aduk hingga rata, lalu tambahkan santan. Jangan lupa garam dan gula. Masak hingga matang dan santan agak kental. selamat mencoba



Orak Arik Udang

Bahan : Udang kupas, dua buah telur, kol, buncis, wortel.daun bawang/onclang, minyak untuk menggoreng
Bumbu: bawang putih dan bawang merah (dicincang), merica, kecap manis, saus tiram.



Cara membuat : Kol diiris tipis tipis, wortel dipotong kotak kotak kecil, buncis dan onclang, dipotong kecil kecil. Buat adonan telur dengan cara dikopyok. Tambahkan kecap manis dan saus tiram (tidak usah diberi garam sebab saos tiram sudah asin), juga merica bubuk.
Panaskan minyak lalu gongso bawang merah dan bawang putih. Masukkan udang hingga berubah warna. Kemudian  masukkan kol, wortel, buncis dan onclang. Aduk hingga layu. Setelah itu baru masukkan adonan telur hingga menutup sayur. Biarkan hingga telur menggumpal. Lalu sedikit demi sedikit, di balik dan di pecah pecah (diorak arik). Goreng hingga matang.

Udang Ca Sayur


Bahan : Udang, bunga kol, buncis, minyak goreng
Bumbu Bawang putih, kecap asin, bawang bombai

Cara membuat : Goreng udang dengan kulitnya hingga matang, sisihkan. Tumis bawang geprek dan bawang bombai iris. Setelah harum, masukkan semua sayur yang sudah dipotong dan udang goreng. Tambahkan kecap asin.  Diorak arik hingga matang, lalu sajikan. 


1 komentar: