Sabtu, 08 Juni 2013

Acar Udang Nasi Kering

masakan untuk nasi kering


Menikmati Nasi Kering

Hujan deras mulai pagi membuatku tak bisa pergi ke pasar. Males naik sepeda motor dengan memakai jas hujan. Menunggu reda, pikirku. Tapi sampai jam delapan pagi hujan malah tambah deras. Akhirnya kuputuskan mencari bahan olahan di kulkas. Ada telur, Ketimun, mie instan. Kebetulan kemarin aku beli tempe yang masih mentah (belum jadi) dan udang kecil, jadi sekarang bisa dimanfaatkan. Setelah mengumpulkan bahan bahan, akhirnya kuputuskan bikin nasi kering kesukaan keluarga kami. Meski tak ada olahan daging terik, Masih ada abon yang bikin masakanku hari ini tetep nikmat. 
Hmmm...ada tempe kering, mie goreng, abon , irisan telur dadar dan....acar


Salah satu ciri khas nasi kering yang kubuat adalah adanya acar udang. Untuk masakan lainnya, standar saja. Seperti yang banyak di jual diwarung warung di Juwana, seperti tempe kering. 
Adapun cara membuat acar udang, juga sangat mudah. Sama seperti membuat acar timun mentah biasa, lalu ditambah udang rebus saja.

sajian nasi kering


Acar Udang 

Bahan : Udang, mentimun muda (mentimun Rembang). 
Bumbu : gula, garam, cabai merah iris , potongan bawang merah, bawang putih geprek, cuka. 


Cara membuat : Rebus udang bersama kulit dan beri garam. Setelah matang baru dikupas ( agar warna udang menarik) dan sisihkan. Potong potong ketimun bersama bijinya. Setelah selesai masukkan dalam wadah, Timun diberi sedikit garam, gula, cuka, irisan bawang merah dan bawang putih geprek. Setelah gula mencair tambahkan udang yang sudah dikupas. Acarpun siap disajikan bersama nasi kering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar