Selasa, 28 Mei 2013

OPOR AYAM ALA JUWANA



Masakan Daging Ayam 
Resepku kali ini ,sementara berganti ke bahan ayam, sebab......
Tiba tiba si sulung minta di buatkan bubur putih karena aku punya cakue yang kubeli kemarin sore.  Ia juga minta dibuatkan  opor ayam untuk kuahnya.   Kelihatannya enak, ujarnya membayangkan.


Kuturuti keinginannya agar makannya banyak. Lagipula masak opor juga tak ribet ribet amat. Tinggal beli ayam kampung di pasar yang sudah dipotongi. Jadi sampai  di rumah tinggal dicuci bersih dengan campuran jeruk nipis, lalu direbus hingga empuk. Selama merebus aku bisa menyiapkan  bumbu opornya. 
Ada dua jenis opor yang di kenal di Juwana. Opor kental dan opor kuah.
Opor kental biasanya untuk pelengkap nasi uduk, biasa di masak untuk acara selamatan atau kenduri. Biasanya ayam di rebus lalu dikukus hingga benar benar empuk (ingkung = ayam utuh). Bumbu opor dimasak sendiri hingga kental. Cara penyajiannya, bumbu yang sudah matang dan adem(sudah dingin), kemudian dicampurkan ke ayam tadi, hingga merata.
Sedang ayam kuah, biasa disajikan untuk menu nasi putih biasa, lontong juga bubur.
Ciri khas opor Juwana adalah warna kunyit yang berani, sehingga warnanya kuning terang. Ini masakan opor ayamyang sudah siap kusajikan. Buatnya tidak usah banyak banyak, cukup 1 ekor ayam ukuran sedang saja......

Opor Ayam Juwana


Bahan : ayam kampung,bawang geprek, air, santan kental, minyak goreng untuk menumis.
Bumbu : Ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, merica, 1 buah cabai merah besar, jahe, kuncit, kencur, kemiri, gula, garam (semua bumbu di haluskan)
Cara membuat :
Ayam kampung dicuci bersih lalu di rebus hingga empuk. Beri garam dan bawang geprek. Haluskan semua bumbu lalu di tumis/gongso hinggga berbau harum. Masukkan ayam yang telah empuk. Aduk rata bersama bumbu. Masukkan kaldu ayam sisa rebusan , sesuai selera. Masak hingga mendidih dan bumbu bercampur menjadi kuning. Setelah kembali mendidih masukkan santan kental. Aduk aduk terus agar santan tidak memisah dan masakan matang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar