Jumat, 22 November 2013

Ikan Tongkol Juwana




Sedapnya Olahan Ikan Tongkol

     Ikan Tongkol adalah jenis ikan laut yang menurutku tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Kalau di Juwana ikan ini juga terkenal, sebab selain mudah di jumpai rasanya juga enak. Di goreng dengan bumbu ketumbar, rasanya cocok dilidah. Dimasak mangut juga bisa. Dagingnya di suwir lalu di masak orak arik juga cocok. 
     Tapi ada beberapa orang yang tak suka dengan ikan tongkol,. Katanya ada rasa pahitnya. Selain itu, ketika ikan tongkol diolah dan diiris maka darah ikan segar akan keluar banyak sekali. Beda dengan mengolah bandeng dan ikan lainnya. Ada juga yang tidak tahan , katanya ikan tongkol yang kita pegang bisa membuat kulit menjadi gatal ( kalau ini menurutku karena alergi atau beli ikannya yang sudah tidak segar)



     Dulu pas aku kos di Semarang, aku sering melihat ikan tongkol banyak di buat menjadi ikan panggang (ikan asap) dan di masak dengan bumbu mangut dengan warna kuning bercampur merah cabai. Tapi di Juwana, sepertinya tak ada/jarang menjumpai ikan asap dari bahan ikan tongkol. Karena rasa ikan tongkol yang ada rasa pahitnya ternyata tak begitu disukai oleh orang Juwana, jika di buat ikan asap. Jadi kalau di Juwana ikan Tongkol akan langsung diolah dari keadaan segar. Terserah mau digoreng atau berkuah. Dan menu turun temurun di keluarga kami,  adalah Tongkol Dudoh Ijo (Tongkol Kuah Hijau)
     Dari namanya jelas olahan ini pakai cabai hijau untuk membuat warna kuahnya menjadi hijau. Bumbunya mesti banyak dan lengkap ya, biar jadi enak....Oh ya, biasanya ikan tongkol yang kumasak sebelumnya aku rebus dulu. Merebusnya pakai bawang putih sama garam saja. Setelah itu bisa digoreng atau dimasak lagi.


Ikan Tongkol Kuah Hijau




Bahan : Ikan Tongkol yang sudah direbus, santan, cabai hijau di haluskan sendiri, minyak goreng
Bumbu halus : ketumbar, bawang merah, bawang putih,kemiri, jahe, kencur, kunyit, merica, garam, gula. 
Cara Memasak : pertama gongso cabai hijau halus terlebih dahulu. Setelah harum angkat dan sisihkan. Baru kemudian bumbu halus di gonso dengan minyak goreng baru. Setelah harum masukkan ikan tongkol yang sudah direbus. Setelah bercampur masukkan  santan. Setelah mendidih baru kemudian masukkan cabai hijau. Masak hingga kuah menyusut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar