Senin, 21 Oktober 2013

Kuliner Pati





Jalan Jalan Cari Makan
     Beberapa waktu lalu pas ke kota Pati, aku sempatkan berburu kuliner khas Pati. Tapi karena waktunya pagi hanya beberapa yang bisa aku bagi untuk tulisan ini. Ternyata menu khas Pati yang tersedia di pagi dan sore itu beda. Nasi gandul yang lezat itu kebanyakan bukanya sore hari (untuk warung warung Nasi Gandul yang terkenal). Pagi ada....tapi sedikit pilihannya. Soto Ayam Kemiri juga banyak yang buka sore hari.
     Kalau pagi menu yang banyak tersedia adalah Nasi Sop Pati, Nasi/Lontong Semur, Nasi Pecel, Tahu campur, Nasi Pindang Sapi. 
Oh ya aku juga menemukan Semanggi yang bikin ketagihan...


Di bawah ini adalah beberapa jenis masakan khas Pati yang telah aku coba. 

Lontong Semur
      Sebenarnya ada dua jenis pilihan untuk menu yang satu ini. Pakai Nasi atau pakai lontong. Lauk yang menjadi ciri khasnya adalah tahu dan tempe semur, kering tempe,  beserta sambal  docang. Jika pingin nambah lauk ada telur, jerohan dan daging. Pelengkap lainnya adalah krupuk dan beberapa gorengan. Untuk mencoba menu ini datang saja di dekat perempatan Jago atau depan Hotel Kurnia. Kalo ndak ketemu di sepanjang jalan sekitar Pati pasti mudah menemukan masakan ini.


Nasi Sop Khas Pati
     Segar....dan bikin kangen setelah mencoba masakan yang satu ini. Nikmat buat sarapan pagi, apalagi bagi yang usai olahraga. Ditanggung lahap ...hehehe...
Penyajiannya sederhana, begitu duduk penjual langsung meladeni. Kita cuma ditanya lauknya pilih apa? Pedas tidak? Setelah jawab, penjual langsung memotong daging/jeroan yang kita minta di atas nasi. Siram kuah sayr lalu diberi sambal kecap. Jadi deh pesanan kita...
Di meja tempat makan sudah tersedia perkedel kentang , tempe goreng tepung, daging dan krupuk.  Kita tinggal pilih kalau mau ngambil. Warung Nasi Sop juga banyak bertebaran di sekitar jalan jalan di Pati. Di sekitar Pasar Goangsan atau di Warung Pardam dekat SMAN2 Pati.





 Soto Bening
     Soto bening bisa di jumpai di warung warung yang menyediakan menu aneka macam. Selain menu Soto biasanya ada juga Sego tewel, Sego lodeh, Jangan Bening, Pecel dll. Di bagian tenda depan biasanya ada tulisan menu yang dijual.




Garang Asen Khas Pati
    Ciri khas garang asem Pati adalah bumbunya yang menggunakan brimbing keris (belimbing wuluh), sedikit tomat dan kuahnya tidak terlalu kental. Langgananku di warung dekat Pasar Burung. Tapi adanya sore. Biasanya aku bawa pulang dan kami santap di rumah.




Nasi Pecel


     Mudah di jumpai di warung warung makan di Pati dan menurutku  nasi pecel sangat nikmat jika disantap saat sarapan pagi. Nasi pecel juga membuat perut bisa langsung kenyang, meski porsinya tidak terlalu banyak.  Kadang banyak orang lebih suka memakannya tanpa nasi

..

Semanggi
     Di Pati ada 2 warung makan yang menjual semanggi. Yang pertama berada Jalan dr Susanto di Warung Bu Kas kalau tidak salah dan satunya di Victory. Rasanya sama sama enak kok. Mau bumbu kacang atau bumbu rujak tinggal bilang saja. Rasanya seperti cemedeng, kalau yang belum pernah nyoba. Jadi pedas, asam, manis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar